0551-5053519

Sejarah berdiri

SMK Negeri 3 Tarakan

SMK Negeri 3 Tarakan didirikan pada tahun 2003, berdasarkan Surat Keputusan Walikota Nomor : 425/HK-V/144/2003. SMK Negeri 3 Tarakan merupakan sekolah Kejuruan di wilayah Kalimantan Timur yang membuka Kompetensi Keahlian; Agribisnis Perikanan (Spektrum Lama Budidaya Perikanan atau Budidaya Ikan Air Payau), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPi) dan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPi) (Spektrum lama Teknik Mesin Perikanan (TMPi). Kepala Sekolah yang pertama kali menjabat sebagai Plt. Kepala Sekolah adalah Bapak Drs. Sugeng Riyadi tahun 2003 – 2004. Selanjutnya sejak tahun 2004 – 2014 dipimpin oleh Bapak Kule Usath, S.Pd dan tahun 2014 kepemimpinan sekolah dilanjutkan oleh Bapak Drs. Sriyono sejak tahun 2014 – Juni 2018. Selanjutnya kepemimpinan dilanjutkan oleh Plt. Kepala Sekolah yaitu Bapak Zulkifli, S.Pd.,M.Pd sampai awal tahun 2019. Setelah awal tahun 2019 dilantik Bapak Drs. FX. Sunaryana, MT sebagai Kepala Sekolah Devinitif saat ini.

SMK Negeri 3 Tarakan saat ini berada di Jl. Karya Bersama Bukit Mandiri RT. 18 Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara dengan Nomor Pokok Sekolah Negeri adalah 30401945. Saat ini sekolah memiliki 6 kompetensi keahlian sesuai spektrum yang baru atau yang lebih dikenal dengan istilah Jurusan. Kompetensi keahlian tersebut adalah :

1. Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT)

Kompetensi keahlian APAT menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, meliputi pengelolaan induk, pemijahan, pemeliharaan larva/benih, pendederan dan pembesaran serta kegiatan pasca panen dari pembesaran ikan. Lulusan mempunyai prospek untuk memasuki dunia usaha atau dunia kerja sebagai tenaga teknisi dan penyuluh perikanan.

2. Agribisnis Rumput Laut (ARL)

Kompetensi keahlian ARL menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk melakukan pembibitan, teknik budidaya, pemeliharaan dan pengolahan rumput laut, penanggulangan hama dan penyakit serta teknik pemanenan. Lulusan ini mempunyai prospek untuk menjadi wirausaha atau home industry.

3. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi)

Kompetensi keahlian APHPi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berupa melakukan fermentasi, teknik konversi bahan, teknik enzymatis, mengemas bahan dan produk olahan serta mengolah limbah dan usaha hasil perikanan. Lulusan ini kedepannya akan menjadi tenaga pengolah ikan, bahkan bagi siswa yang memiliki sertifkat HACCP (Hazard Analisys and Critical Control Point) dan menguasai Bahasa Inggris memiliki peluang untuk bekerja di kapal-kapal pesiar sebagai juru masak.

4. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHPa)

Kompetensi Keahlian APHPa menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang secara keseluruhan sama dengan APHPi yang membedakan hanya pada bahan olahan saja yaitu hasil dari pertanian. Lulusan ini juga memiliki peluang yang sama besar dengan APHPi.

5. Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI)

Kompetensi keahlian TKPI menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berupa keahlian siswa yang diajarkan tentang hukum laut, dasar-dasar ilmu perkapalan, kesehatan dan keselamatan kerja di kapal, pencegahan polusi laut, elektronika kapal, permesinan kapal dan berbagai teknologi penangkapan ikan di laut. Bagi lulusan ini yang memiliki sertifikat-sertifikat seperti ANKAPIN I, ANKAPIN II dan BST (Basic Safety Training) serta pengalaman berlayar bisa menduduki posisi Nahkoda kapal, Kepala Kamar Mesin, ABK Kapal dan ABK Mesin.

6. Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)

Kompetensi keahlian NKPI menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta pelayaran dalam penggunaan alat navigasi konvesional elektronik, parameter meteorologi, pengendaliaan kapal, kompas magnit dan gyro kompas. Lulusan ini memiliki prospek untuk menjadi Navigator kapal hingga Nahkoda kapal.